OBJECT ORIENTED PROGRAMMING - 2

 

LAPORAN PRAKTIKUM

PEMROGRAMAN WEB DINAMIS

PMI1312

MINGGU 10

Dosen Pengampu :

Bpk Tri Sandika Jaya, S.Kom., M.Kom.



Di  Susun  Oleh :

                                    NAMA            : Ahmad Fajar Irawan

                                    NPM               : 19753004

 

MENEJEMEN INFORMATIKA

JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS

POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

2020


 

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, nikmat dan karunia-Nya yang tak ternilai dan tak dapat dihitung. Saya dapat menyusun dan membuat laporan ini. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah  Pemrograman Web Dinamis.

Dalam membuat laporan ini masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu, saya menghaturkan maaf jika ada kesalahan dalam laporan ini. Pembaca bisa membuat keputusan yang dapat memberikan kritikan dan sarannya untuk saya agar di kemudian hari saya bisa membuat laporan yang lebih semprurna lagi.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah dapat membantu dalam pembuatan laporan ini.

 

Sekampung Udik, 13 November  2020

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Istilah-istilah yang akan sering dijumpai dalam OOP adalah Class, Object, Property, dan Method. Membuat aplikasi dengan menggunakan konsep OOP bisa diibaratkan dalam dunia  nyata  dengan  membuat  atau  memproduksi  mobil.  Yang mana  sebelum membuat mobil, diperlukan adanya desain atau sketsa tampilan mobil, inilah yang disebut  dengan Class. Sketsa  tersebut  menggambarkan  tentang  warna,  ukuran, jumlah  roda  dari  mobil,  inilah  yang  disebut  dengan Property.  Sketsa  tersebut  juga menjelaskan tentang apa yang nantinya bisa dilakukan oleh mobil seperti berjalan dengan  roda,  mengerem,  membunyikan  klakson  dsb..,  apa  yang  bisa  dilakukan  oleh mobil  inilah  yang  disebut  dengan Method.  Kemudian,  sketsa  tersebut dikirimkan ke pabrik untuk dibuatkan bentuk fisiknya yaitu mobil, mobil – mobil hasil produksi inilah yang disebut dengan Object.

 

B.     Rumusan

Guna mengatahui tentang object oriented Programing 2

 

C.    Tujuan

Guna mengatahui tentang object oriented Programing 2, dan memenuhi tugas pada mata kuliah Pemrograman Web Dinamis Manajemen Informatika 3A


 

BAB II

LANDASAN

A.    Pengertian

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

B.     Konsep Dasar OOP

1.      Visibilitas Class

Visibility adalah fitur yang ada di OOP, yang digunakan mengatur hak akses terhadap property dan method dari sebuah class, jadi dengan menggunakan visibility ini anda dapat mengatur, property dan method tersebut bisa diakses dari mana saja. Tingkatan hak akses yang ada di OOP, Visibility di OOP dibagi menjadi 4 hak akses, antara lain :

• Private

• Protected

• Public

• Default

• Object

a.       Private Visibility Private adalah hak akses yang paling rendah, jika property atau method yang menggunakan hak akses private, maka property atau method tersebut hanya dapat diakses di lingkup class dimana property atau method tersebut didefinisikan.

b.     Protected

Visibility berikutnya adalah protected, jika property atau method menggunakan hak akses protected maka, property atau method tersebut hanya bisa diakses melalui class itu sendiri dan class turunannya.

 

c.       Public

Visibility berikutnya adalah public, visibility public adalah visibilitas tertinggi yang ada pada OOP, jika sebuah property atau method menggunakan visibility public, maka property atau method tersebut dapat diakses melalui class itu sendiri, ataupun melalui object.

 

d.     Default

Yang terakhir adalah visibility jenis default, istilah default disini apabila kita tidak mendeklarasikan visibility pada bagian property ataupun method, maka visibilty akan dianggap bernilai public, perhatikan 2 perintah membuat property berikut ini :

• public $prosesor

• $prosesor perintah diatas akan dianggap sama, yaitu membuat property dengan nama prosesor dengan visibility public perhatikan 2 perintah membuat method berikut ini :

• public function memutar_video() 11

• function memutar_video() perintah diatas akan dianggap sama, yaitu membuat method dengan nama memutar_video dengan visibility public.

2.      Inheritance

Adalah sistem pewarisan sebuah class, artinya sebuah class dapat digunakan oleh class yang lain yang disebut dengan class turunan. Dengan fitur Inheritance, pemrograman PHP berorientasi obyek menjadi lebih simpel dan kode-kodenya bisa dipakai ulang (re-use code).

3.      Konsep Static

Konsep static sedikit berbeda, konsep ini tidak menggunakan aturan dasar OOP tersebut, pada konsep static ini kita tidak perlu melakukan instansiasi

4.      Keyword This dan Self

Keyword $this adalah sebuah variable yang diguanakn untuk mengakses object yang diinstansiasi, secara sederhana keyword $this ini digunakan untuk mengakses property atau method dalam lingkup class itu sendiri.

5.      Fungsi Return Value

Fungsi Retrun Value adalah sebuah nilai yang dikembalikan oleh fungsi / method, saat fungsi / method tersebut dipanggil.

6.      Constructor and Destructor

Constructor adalah method atau function yang otomatis akan dijalankan saat class diinstansiasi (dibuat sebuah object), pada bagian constructor kita dapat melakukan apapun yang bisa dilakukan dalam method / function kecuali mengembalikan nilai / return value.

Destructor ini berbeda dengan constructor yang dapat memiliki parameter, destructor tidak dapat memiliki parameter, anda hanya dapat menuliskan logic saja dibagian destructor.

7.      Interface

Interface adalah sebuah class yang seluruh methodnya adalah abstract method, karena seluruh methodnya adalah abstract method sehingga interface perlu diimplementasikan oleh child class.Secara konsep Interface memiliki kemiripan dengan abstract class, untuk teman – teman yang belum mengenal istilah abstract class, anda bisa membaca tutorial kita sebelumnya mengenai abstract class pada link berikut Memahami Fungsi Abstract Class

Perbedaan yang paling terlihat antara interface dan abstract class adalah penggunaan keyword saat class diimplementasikan di child class, jika pada abstract class menggunakan perintah extends, maka pada interface menggunakan perintah implements

8.      Method Chainning

Method Chaining adalah salah fitur yang di OOP yang memungkinkan anda untuk memanggil method secara berantai dalam satu baris pemanggilan. Method ini berfungsi untuk mempersingkat pemanggilan method yang sebelumnya memerlukan beberapa baris, bisa disederhanakan hanya dengan satu baris perintah saja.


BAB III

TUGAS & PEMBAHASAN

1.      Descripsi

·         Pada studi kasus yang pertama ini, kita akan mencoba membuat script operasi bilangan yaitu menjumlahkan dan mengalikan dua bilangan dalam perspektif OOP.

·      Misalkan untuk impelementasi kasus ini, kita akan buat class bernama ‘operasiBilangan’. Dimana nanti akan memiliki dua properties, yaitu bilangan 1 dan bilangan 2. Kedua bilangan itu nanti akan dioperasikan melalui method-method, yaitu method untuk menjumlahkan dan mengalikan.

·   Untuk memudahka impelementasi, ada baiknya kita buat construction supaya proses instantiasi dan setting properties bilangan 1 dan bilangan 2 nya bisa dilakukkan dalam satu perintah saja. 

 

2.      Tugas

Tambahkan method baru bernama ‘kurangkan’ pada class operasi bilangan untuk melakukan proses pengurangan bilangan 1 terhadap bilangan 2.



maka akan mengoutputkan sebagai berikut




Tambahkan method baru bernama ‘modulo’ pada class operasi bilangan untuk menghitung hasil modulo bilanagn 1 terhadap bilangann 2.



maka akan menghasilkan outputan sebagai berikut




Tambahkan method bernama ‘pangkat’ pada class operasi bilangan untuk menghitung hasil bilangan 1 dipangkatkan bilangan 2. Lalu tambahkan Properti tahun Pembuatan.




maka akan meghasilkan outputan sebagai berikut




 

 

BAB IV

PENUTUP

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.

 

Daftar Pustaka

Aris Samsudin. 2019. Tutorial Belajar PHP. https://www.warungbelajar.com/.  Diacses pada 13 november 2020 pukul 21.23

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Download dan Instal Aplikasi Enterprise Architect 8 Versi 15.2 Tahun 2020 (19753004-AhmadFajarIrawan_MI3A)

SQUENCE DIAGRAM STUDI KASUS PT. BANDI CAR

Tugas Terstruktur - Study Kasus - Sistem Laundry || Pemrograman SQL