LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN WEB DINAMIS MINGGU 11 (Object Oriented Programming -3)

 

LAPORAN PRAKTIKUM

PEMROGRAMAN WEB DINAMIS

PMI1312

MINGGU 11

Dosen Pengampu :

Bpk Tri Sandika Jaya, S.Kom., M.Kom.



Di  Susun  Oleh :

                                    NAMA            : Ahmad Fajar Irawan

                                    NPM               : 19753004

 

MENEJEMEN INFORMATIKA

JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS

POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

2020


 

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, nikmat dan karunia-Nya yang tak ternilai dan tak dapat dihitung. Saya dapat menyusun dan membuat laporan ini. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah  Pemrograman Web Dinamis.

Dalam membuat laporan ini masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu, saya menghaturkan maaf jika ada kesalahan dalam laporan ini. Pembaca bisa membuat keputusan yang dapat memberikan kritikan dan sarannya untuk saya agar di kemudian hari saya bisa membuat laporan yang lebih semprurna lagi.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah dapat membantu dalam pembuatan laporan ini.

 

Sekampung Udik, 20 November  2020



 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Istilah-istilah yang akan sering dijumpai dalam OOP adalah Class, Object, Property, dan Method. Membuat aplikasi dengan menggunakan konsep OOP bisa diibaratkan dalam dunia  nyata  dengan  membuat  atau  memproduksi  mobil.  Yang mana  sebelum membuat mobil, diperlukan adanya desain atau sketsa tampilan mobil, inilah yang disebut  dengan Class. Sketsa  tersebut  menggambarkan  tentang  warna,  ukuran, jumlah  roda  dari  mobil,  inilah  yang  disebut  dengan Property.  Sketsa  tersebut  juga menjelaskan tentang apa yang nantinya bisa dilakukan oleh mobil seperti berjalan dengan  roda,  mengerem,  membunyikan  klakson  dsb..,  apa  yang  bisa  dilakukan  oleh mobil  inilah  yang  disebut  dengan Method.  Kemudian,  sketsa  tersebut dikirimkan ke pabrik untuk dibuatkan bentuk fisiknya yaitu mobil, mobil – mobil hasil produksi inilah yang disebut dengan Object.

 

B.     Rumusan

Guna mengatahui tentang object oriented Programing 3

 

C.    Tujuan

Guna mengatahui tentang object oriented Programing 3, dan memenuhi tugas pada mata kuliah Pemrograman Web Dinamis Manajemen Informatika 3A

 

BAB II

LANDASAN

A.    Pengertian

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

 

B.     Pengertian Fungsi

Untuk dapat menguasai pemrograman Java, harus mengerti dengan baik konsep  pemrograman  berorientasi  objek,  kara java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Pada bagian ini akan dibahas konsep-konsep penting  dalam  pemrograman  berorientasi  objek, sehingga  diharapkan akan lebih mudah dalam mempelajari bahasa Java.  Beberapa konsep OOP dasar, antara lain Encapsulation (Class and Object), Inheritance (Penurunan sifat), Polymorphisme, Access Modify, Constructor, Destructor, Static Properties, super class serta sub class.

 



BAB III

PEMBAHASAN

A.    koneksi Database PHP dan MySQL

Sebelum memulai untuk membuat koneksi antara PHP dan MySQL , langkah yang perlu disiapkan adalah menyiapkan database nya terlebih dahulu sebagai berikut :

·         Buka Browser dan ketikan localhost/phpmyadmin, lalu klik tombol Database untuk membuat database baru.

·         Buat database dengan nama "db_barangku" lalu klik tombol "create".

·         Lalu buat tabel dengan nama"tb_barang" dan memiliki 5 kolom.

·         Lalu buat kolom untuk tabel tb_barang seperti dibawah ini, untuk id_barang gunakan primary key dan auto increment, lalu klik tombol save.

 

1.      Membuat Tabel

Pastikan service mysqli sudah aktif, lalu silahkan masuk ke phpmyadmin dengan mengetikkan localhost/phpmyadmin di browser, lalu silahkan pilih database yang sebelumnya sudah kita buat, dalam contoh ini nama databasenya adalah db_barangku.

Lalu silahkan tambahkan beberapa data didalamnya, untuk bagian id_barang kita biarkan kosong, karena kolom id_barang bernilai auto increment, setelah barang diinput klik tombol Kirim

 



2.      Tampilkan data dengan koneksi mysql

Yaitu kita akan membuat data untuk mengkoneksikan database




Lalu membuat file bernama tampilan.php dan mengetikan script berikut ini




Outputnya adalah sebagai berikut




 

B.     Menambahkan dan MengEdit Data


1.      Membuat sebuah form untuk menambahkan data

Nilai yang sudah diisi pada MySQL akan ditampilkan menggunakan code program berikut ini :




2.      Membuat file proses_barang.php untuk memproses data

digunakan untuk memproses inputan form, isi dari code file proses_barang.php adalah sebagai berikut :




maka outputnya adalah







 

3.      Membuat form edit

Dengan membuat file bernama edit.php kemudian menambahkan didalamnya script berikut ini :




Maka outputnya akan ditampilkan adalah










 

4.      Membuat tombol hapus pada list data

Untuk menambahkan file atau tombol delete, maka kita masuk ke form tampilan.php dan mrnambahkan script seperti dibawah ini






Maka akan menghasilkan outputan sebagai berikut







 




BAB IV

PENUTUP

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.





Daftar Pustaka

Aris Samsudin. 2019. Tutorial Belajar PHP. https://www.warungbelajar.com/.  Diacses pada 20 november 2020 pukul 20.02

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Download dan Instal Aplikasi Enterprise Architect 8 Versi 15.2 Tahun 2020 (19753004-AhmadFajarIrawan_MI3A)

SQUENCE DIAGRAM STUDI KASUS PT. BANDI CAR

Tugas Terstruktur - Study Kasus - Sistem Laundry || Pemrograman SQL