LAPORAN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN WEB DINAMIS MINGGU 11 (Object Oriented Programming -3)
LAPORAN
PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
WEB DINAMIS
PMI1312
MINGGU
11
Dosen Pengampu :
Bpk Tri Sandika Jaya, S.Kom., M.Kom.
Di Susun
Oleh :
NAMA : Ahmad Fajar Irawan
NPM : 19753004
MENEJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
2020
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat,
nikmat dan karunia-Nya yang tak ternilai dan tak dapat dihitung. Saya dapat
menyusun dan membuat laporan ini. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata
kuliah Pemrograman Web Dinamis.
Dalam membuat laporan ini masih jauh dari kata sempurna.
Untuk itu, saya menghaturkan maaf jika ada kesalahan dalam laporan ini. Pembaca
bisa membuat keputusan yang dapat memberikan kritikan dan sarannya untuk saya
agar di kemudian hari saya bisa membuat laporan yang lebih semprurna lagi.
Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak
yang telah dapat membantu dalam pembuatan laporan ini.
Sekampung Udik, 20 November
2020
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Istilah-istilah yang akan sering dijumpai dalam OOP adalah
Class, Object, Property, dan Method. Membuat aplikasi dengan menggunakan konsep
OOP bisa diibaratkan dalam
dunia nyata dengan membuat atau memproduksi mobil. Yang
mana sebelum membuat mobil, diperlukan adanya desain atau sketsa
tampilan mobil, inilah yang disebut dengan Class.
Sketsa tersebut menggambarkan tentang warna, ukuran,
jumlah roda dari mobil, inilah yang disebut dengan
Property. Sketsa tersebut juga menjelaskan
tentang apa yang nantinya bisa dilakukan oleh mobil seperti berjalan
dengan roda, mengerem, membunyikan klakson dsb.., apa yang bisa dilakukan oleh mobil inilah yang disebut dengan
Method. Kemudian, sketsa tersebut dikirimkan
ke pabrik untuk dibuatkan bentuk fisiknya yaitu mobil, mobil – mobil hasil
produksi inilah yang disebut dengan Object.
B.
Rumusan
Guna mengatahui tentang object oriented Programing 3
C.
Tujuan
Guna
mengatahui tentang object oriented Programing 3, dan memenuhi tugas pada mata kuliah
Pemrograman Web Dinamis Manajemen Informatika 3A
BAB
II
LANDASAN
A.
Pengertian
OOP (Object Oriented Programming)
adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP
diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti
model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu
permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari
beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah
sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih
kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai
objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan,
berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang
lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari
beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan
saling berkirim pesan kepada objek yang lain.
B.
Pengertian Fungsi
Untuk dapat menguasai pemrograman
Java, harus mengerti dengan baik konsep pemrograman berorientasi objek, kara java merupakan bahasa pemrograman berorientasi
objek. Pada bagian ini akan dibahas konsep-konsep penting dalam pemrograman berorientasi objek, sehingga diharapkan akan lebih mudah dalam mempelajari
bahasa Java. Beberapa konsep OOP dasar, antara lain Encapsulation (Class
and Object), Inheritance (Penurunan sifat), Polymorphisme, Access Modify,
Constructor, Destructor, Static Properties, super class serta sub class.
BAB
III
PEMBAHASAN
A.
koneksi
Database PHP dan MySQL
Sebelum memulai untuk membuat koneksi antara PHP dan MySQL ,
langkah yang perlu disiapkan adalah menyiapkan database nya terlebih dahulu
sebagai berikut :
·
Buka Browser dan ketikan localhost/phpmyadmin, lalu klik
tombol Database untuk membuat database baru.
·
Buat database dengan nama "db_barangku" lalu klik
tombol "create".
·
Lalu buat tabel dengan nama"tb_barang" dan
memiliki 5 kolom.
·
Lalu buat kolom untuk tabel tb_barang seperti dibawah ini,
untuk id_barang gunakan primary key dan auto increment, lalu klik tombol save.
1.
Membuat Tabel
Pastikan
service mysqli sudah aktif, lalu silahkan masuk ke phpmyadmin dengan
mengetikkan localhost/phpmyadmin di browser, lalu silahkan pilih database yang
sebelumnya sudah kita buat, dalam contoh ini nama databasenya adalah
db_barangku.
Lalu
silahkan tambahkan beberapa data didalamnya, untuk bagian id_barang kita
biarkan kosong, karena kolom id_barang bernilai auto increment, setelah barang
diinput klik tombol Kirim
2.
Tampilkan data dengan koneksi mysql
Yaitu
kita akan membuat data untuk mengkoneksikan database
Lalu
membuat file bernama tampilan.php dan mengetikan script berikut ini
Outputnya
adalah sebagai berikut
B. Menambahkan
dan MengEdit Data
1.
Membuat sebuah form untuk
menambahkan data
Nilai yang sudah
diisi pada MySQL akan ditampilkan menggunakan code program berikut ini :
2.
Membuat file proses_barang.php
untuk memproses data
digunakan
untuk memproses inputan form, isi dari code file proses_barang.php adalah sebagai
berikut :
maka
outputnya adalah
3.
Membuat form edit
Dengan
membuat file bernama edit.php kemudian menambahkan didalamnya script berikut
ini :
Maka
outputnya akan ditampilkan adalah
4.
Membuat tombol hapus pada list data
Untuk
menambahkan file atau tombol delete, maka kita masuk ke form tampilan.php dan
mrnambahkan script seperti dibawah ini
Maka
akan menghasilkan outputan sebagai berikut
BAB IV
PENUTUP
OOP (Object Oriented Programming)
adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP
diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti
model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu
permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari
beberapa objek yang lebih kecil lagi.
Daftar
Pustaka
Aris Samsudin.
2019. Tutorial Belajar PHP. https://www.warungbelajar.com/. Diacses pada
20 november 2020 pukul 20.02
Komentar
Posting Komentar