STUDI KASUS ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PT. BANDI CAR
TUGAS PRAKTIKUM 4
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PMI 1315
STUDI KASUS ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI PT. BANDI CAR
Dosen Pengampu :
Bapak Tri Sandika Jaya, S.Kom., M.Kom.
Ibu Dewi Kania Widyawati, S.Kom., M.Kom.
Disusun Oleh :
Nama : Ahmad Fajar Irawan
Npm : 19753004
MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
2020
STUDI KASUS ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PT. Bendi Car adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyewaan mobil Semua transaksi di perusahaan masih dilakukan secara manual. Berikut ini adalah kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh petugas dalam melaksanakan transaksi penyewaan mobil di dalam perusahaan.Selanjutnya adalah sistem yang berjalan pada PT. Bendi Car
Pembahasan
Actor
- Penyewa
- Pemilik
- Petugas
Usecase
- entri Penyewa
- entri Kendaraan
- entri supir
- entri FS
- entri FK
- cetak kwitansi sewa
- cetak kwitansi tambahan
- laporan penyewaan
- laporan kendaraan
1. Prosedur peminjaman
Penyewa mobil yang ingin melakukan peminjaman dapat melihat harga penyew aan mobil pada daftar harga sewa mobil. Penyewa dapat menggunakan jasa supi r atau tidak sesuai dengan kebutuhan penyewa sendiri. Setiap jenis kendaraan memiliki harga sewa yang berbedabeda begitu juga harga sewa jasa sopir untukdaerah Jabodetabek dan diluar jabo detabek pun berbeda. Setelah itu penyewa mengisi Formulir Penyewaan (FS) di sertai fotocopy identitas diri. Kemudian Formulir penyewaan yang telah diisi be serta pembayaran dimuka diserahkan kepada petugas kemudian petugas memb uatkan kwitansi pembayaran sebagai buktipembayaran.
2. Prosedur pengembalian
Pada saat pengembalian kendaraan oleh penyewa, petugas membawa Formulir Pengembalian dan memeriksa kondisi kendaraan apakah terdapat kerusakan ata u tidak. Bila ada (misalnya spion pecah,body penyok,Cat tergores, dll), maka di perhitungkan penggantiannya dan dibebankan kepada penyewa. Bila tidakrusak/ terlambat maka tidak perlu mengisi Formulir pengembalian. Namun Bila penye wa terlambat dalam pengembalian, maka jumlah keterlambatan mobil dan sopir akan dibebankan kepada penyewa. Setelah membayar kerusakan dan keterlamba tan, maka petugas membuatkan kwitansi sebagai tanda bukti pembayaran denda
3. Prosedur laporan
Diakhir bulan petugas membuat laporan penyewaan berikut denda atas kerusaka n atau keterlambatan yang terjadi dan laporan kendaraan. Laporan tersebut diser ahkan ke pemilik penyewaan Bendi car.
dimana pada kasus ini ada 3 Use Case dan 3 Actor. Use Case tersebut : Use Case Penyewaan, Use Case Pengembalian, dan Use Case Laporan dan 3 Actor : Penyewa, Petugas dan Pemilik PT. Bendi Car.
home-Politeknik Negeri Lampung
Komentar
Posting Komentar