ACTIFITY DIAGRAM STUDI KASUS PT. BANDI CAR

 

TUGAS PRAKTIKUM

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

PMI 1315

ACTIFITY DIAGRAM STUDI KASUS PT. BANDI CAR

Dosen Pengampu :

Bapak Tri Sandika Jaya, S.Kom., M.Kom.

Ibu Dewi Kania Widyawati, S.Kom., M.Kom.




                                      Disusun Oleh :

Nama          : Ahmad Fajar Irawan

Npm           : 19753004

 

 

MANAJEMEN INFORMATIKA

JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS

POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

2020

 

STUDI KASUS ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

 

PT. Bendi Car adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyewaan mobil Semua transaksi di perusahaan masih dilakukan secara manual. Berikut ini adalah kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh petugas dalam melaksanakan transaksi penyewaan mobil di dalam perusahaan.Selanjutnya adalah sistem yang berjalan pada PT. Bendi Car

 

  • Prosedur peminjaman

Penyewa mobil yang ingin melakukan peminjaman dapat melihat harga penyewaan mobil pada daftar harga sewa mobil. Penyewa dapat menggunakan jasa supir atau tidak sesuai dengan kebutuhan penyewa sendiri. Setiap jenis kendaraan memiliki harga sewa yang berbeda-beda begitu juga harga sewa jasa sopir untukdaerah Jabodetabek dan diluar jabodetabek pun berbeda. Setelah itu penyewa mengisi Formulir Penyewaan (FS) disertai fotocopy identitas diri. Kemudian Formulir penyewaan yang telah diisi beserta pembayaran dimuka diserahkan kepada petugas kemudian petugas membuatkan kwitansi pembayaran sebagai buktipembayaran.




  • Prosedur pengembalian

Pada saat pengembalian kendaraan oleh penyewa, petugas membawa Formulir Pengembalian dan memeriksa kondisi kendaraan apakah terdapat kerusakan atau tidak. Bila ada (misalnya spion pecah,body penyok,Cat tergores, dll), maka diperhitungkan penggantiannya dan dibebankan kepada penyewa. Bila tidakrusak/terlambat maka tidak perlu mengisi Formulir pengembalian. Namun Bila penyewa terlambat dalam pengembalian, maka jumlah keterlambatan mobil dan sopir akan dibebankan kepada penyewa. Setelah membayar kerusakan dan keterlambatan, maka petugas membuatkan kwitansi sebagai tanda bukti pembayaran denda




  • Prosedur laporan

Diakhir bulan petugas membuat laporan penyewaan berikut denda atas kerusakan atau keterlambatan yang terjadi dan laporan kendaraan. Laporan tersebut diserahkan ke pemilik penyewaan Bendi car.




 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Download dan Instal Aplikasi Enterprise Architect 8 Versi 15.2 Tahun 2020 (19753004-AhmadFajarIrawan_MI3A)

SQUENCE DIAGRAM STUDI KASUS PT. BANDI CAR

UJIAN PRAKTIK (STUDI KASUS PARKIRAN MOBIL)