OBJECT ORIENTED PROGRAMMING -1

 

LAPORAN PRAKTIKUM

PEMROGRAMAN WEB DINAMIS

PMI1312

MINGGU 9

Dosen Pengampu :

Bpk Tri Sandika Jaya, S.Kom., M.Kom.

Di  Susun  Oleh :

                                    NAMA            : Ahmad Fajar Irawan

                                    NPM               : 19753004

 

MENEJEMEN INFORMATIKA

JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS

POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

2020

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kata Pengantar

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, nikmat dan karunia-Nya yang tak ternilai dan tak dapat dihitung. Saya dapat menyusun dan membuat laporan ini. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah  Pemrograman Web Dinamis.

Dalam membuat laporan ini masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu, saya menghaturkan maaf jika ada kesalahan dalam laporan ini. Pembaca bisa membuat keputusan yang dapat memberikan kritikan dan sarannya untuk saya agar di kemudian hari saya bisa membuat laporan yang lebih semprurna lagi.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah dapat membantu dalam pembuatan laporan ini.

 

Sekampung Udik, 06 November  2020

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Istilah-istilah yang akan sering dijumpai dalam OOP adalah Class, Object, Property, dan Method. Membuat aplikasi dengan menggunakan konsep OOP bisa diibaratkan dalam dunia  nyata  dengan  membuat  atau  memproduksi  mobil.  Yang mana  sebelum membuat mobil, diperlukan adanya desain atau sketsa tampilan mobil, inilah yang disebut  dengan Class. Sketsa  tersebut  menggambarkan  tentang  warna,  ukuran, jumlah  roda  dari  mobil,  inilah  yang  disebut  dengan Property.  Sketsa  tersebut  juga menjelaskan tentang apa yang nantinya bisa dilakukan oleh mobil seperti berjalan dengan  roda,  mengerem,  membunyikan  klakson  dsb..,  apa  yang  bisa  dilakukan  oleh mobil  inilah  yang  disebut  dengan Method.  Kemudian,  sketsa  tersebut dikirimkan ke pabrik untuk dibuatkan bentuk fisiknya yaitu mobil, mobil – mobil hasil produksi inilah yang disebut dengan Object.

 

B.     Rumusan

Guna mengatahui tentang object oriented Programing

 

C.    Tujuan

Guna mengatahui tentang object oriented Programing, dan memenuhi tugas pada mata kuliah Pemrograman Web Dinamis Manajemen Informatika 3A

 

BAB II

LANDASAN

A.    Pengertian

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

 

 


BAB III

PEMBAHASAN

A.    Tugas 01

1.      Buatlah sebuah kelas kendaraan kemudian deklarasikan property dengan nama berikut : jumlahroda, warna, bahanbakar, harga, dan merek.


2.      Lalu tambahkan property tahunpembuatan

3.      Buatlah function didalam kelas kendaraan dengan nama dapatSubsidi() untuk menentukan suatu kendaraan dapat subsidi BBM atau tidak. Kendaraan yang dapat subsidi adalah kendaraan yang berbahan bakar PREMIUM dan tahun pembuatan diatas 2005.

4.      Buatlah function di kelas kendaraan untuk menentukan harga second dari kendaraan dengan nama hargaSecond(). Jika tahun pembuatannya 2005 ke atas, maka harga second turun 20% dari harga asli. Jika tahun pembuatannya 2000-2005, maka harga second turun 30% dari harga asli. Jika tahun pembuatannya 2000 kebawah, maka harga second turun 40% dari harga asli.



B.     Tugas 02

Dari class ‘kendaraan’ diatas, Buatlah obyek dengan beberapa property sbb.

object

merek

Jumalah roda

harga

warna

Bahan bakar

$kendaraan2

Toyota yaris

4

160000000

Merah

Premium

$kendaraan3

Honda vario

2

13000000

Putih

Premium

$kendaraan4

Isuzu panther

4

170000000

Hitam

premium

 



C.    Tugas 03

1.      Perhatikan kembali soal latihan sebelum pada bab 5. Tampilkan stastus harga dari $kendaraan2, $kendaraan3, $kendaraan4

maka outputnya adalah


2.      Perhatikan kembali soal latihan pada bab 3 nomor 3. Tampilkan harga second dari $kendaraan2, $kendaraan3, $kendaraan4


maka outputnya adalah



 

D.    Tugas 04

Berdasarkan objek yang telah dibuat, tampilkan property setiap objek sedemikian hingga tampilan script apabila dijalankan di browser sebagai berikut:

·         Kendaraan Toyota Yaris, memiliki 4 roda, berbahan bakar Premium dan Harganya Rp. 160000000

·         Kendaraan Honda Scoopy, memiliki 2 roda, berbahan bakar Premium dan Harganya Rp. 13000000

·         Kendaraan Isuzu Panther, memiliki 4 roda, berbahan bakar Solar dan Harganya Rp. 170000000

 



maka outputnya adalah



 

BAB IV

PENUTUP

A.    Kesimpulan

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Download dan Instal Aplikasi Enterprise Architect 8 Versi 15.2 Tahun 2020 (19753004-AhmadFajarIrawan_MI3A)

SQUENCE DIAGRAM STUDI KASUS PT. BANDI CAR

Tugas Terstruktur - Study Kasus - Sistem Laundry || Pemrograman SQL