OBJECT ORIENTED PROGRAMMING -1
LAPORAN
PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
WEB DINAMIS
PMI1312
MINGGU
9
Dosen Pengampu :
Bpk Tri Sandika Jaya, S.Kom., M.Kom.
Di Susun
Oleh :
NAMA : Ahmad Fajar Irawan
NPM : 19753004
MENEJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
2020
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat,
nikmat dan karunia-Nya yang tak ternilai dan tak dapat dihitung. Saya dapat
menyusun dan membuat laporan ini. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata
kuliah Pemrograman Web Dinamis.
Dalam membuat laporan ini masih jauh dari kata sempurna.
Untuk itu, saya menghaturkan maaf jika ada kesalahan dalam laporan ini. Pembaca
bisa membuat keputusan yang dapat memberikan kritikan dan sarannya untuk saya
agar di kemudian hari saya bisa membuat laporan yang lebih semprurna lagi.
Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak
yang telah dapat membantu dalam pembuatan laporan ini.
Sekampung Udik, 06 November
2020
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Istilah-istilah yang akan sering
dijumpai dalam OOP adalah Class, Object, Property, dan Method. Membuat aplikasi
dengan menggunakan konsep OOP bisa diibaratkan dalam dunia nyata dengan membuat atau memproduksi mobil. Yang mana sebelum membuat
mobil, diperlukan adanya desain atau sketsa tampilan mobil, inilah yang disebut dengan Class. Sketsa tersebut menggambarkan tentang warna, ukuran, jumlah roda dari mobil, inilah yang disebut dengan Property. Sketsa tersebut juga menjelaskan
tentang apa yang nantinya bisa dilakukan oleh mobil seperti berjalan dengan roda, mengerem, membunyikan klakson dsb.., apa yang bisa dilakukan oleh mobil inilah yang disebut dengan Method. Kemudian, sketsa tersebut dikirimkan
ke pabrik untuk dibuatkan bentuk fisiknya yaitu mobil, mobil – mobil hasil
produksi inilah yang disebut dengan Object.
B.
Rumusan
Guna mengatahui tentang object oriented
Programing
C.
Tujuan
Guna mengatahui tentang object oriented
Programing, dan memenuhi tugas pada mata kuliah Pemrograman Web Dinamis
Manajemen Informatika 3A
BAB
II
LANDASAN
A.
Pengertian
OOP (Object Oriented Programming)
adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP
diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti
model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu
permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari
beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah
sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih
kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai
objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan,
berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang
lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari
beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan
saling berkirim pesan kepada objek yang lain.
BAB
III
PEMBAHASAN
A.
Tugas 01
1.
Buatlah
sebuah kelas kendaraan kemudian deklarasikan property dengan nama berikut :
jumlahroda, warna, bahanbakar, harga, dan merek.
2.
Lalu
tambahkan property tahunpembuatan
3.
Buatlah
function didalam kelas kendaraan dengan nama dapatSubsidi() untuk menentukan
suatu kendaraan dapat subsidi BBM atau tidak. Kendaraan yang dapat subsidi
adalah kendaraan yang berbahan bakar PREMIUM dan tahun pembuatan diatas 2005.
4.
Buatlah
function di kelas kendaraan untuk menentukan harga second dari kendaraan dengan
nama hargaSecond(). Jika tahun pembuatannya 2005 ke atas, maka harga second
turun 20% dari harga asli. Jika tahun pembuatannya 2000-2005, maka harga second
turun 30% dari harga asli. Jika tahun pembuatannya 2000 kebawah, maka harga
second turun 40% dari harga asli.
B.
Tugas 02
Dari class ‘kendaraan’ diatas,
Buatlah obyek dengan beberapa property sbb.
object |
merek |
Jumalah roda |
harga |
warna |
Bahan bakar |
$kendaraan2 |
Toyota yaris |
4 |
160000000 |
Merah |
Premium |
$kendaraan3 |
Honda vario |
2 |
13000000 |
Putih |
Premium |
$kendaraan4 |
Isuzu panther |
4 |
170000000 |
Hitam |
premium |
C.
Tugas 03
1.
Perhatikan
kembali soal latihan sebelum pada bab 5. Tampilkan stastus harga dari
$kendaraan2, $kendaraan3, $kendaraan4
maka outputnya adalah
2.
Perhatikan
kembali soal latihan pada bab 3 nomor 3. Tampilkan harga second dari
$kendaraan2, $kendaraan3, $kendaraan4
maka outputnya adalah
D.
Tugas 04
Berdasarkan objek yang telah dibuat, tampilkan property
setiap objek sedemikian hingga tampilan script apabila dijalankan di browser
sebagai berikut:
·
Kendaraan Toyota Yaris, memiliki 4
roda, berbahan bakar Premium dan Harganya Rp. 160000000
·
Kendaraan Honda Scoopy, memiliki 2
roda, berbahan bakar Premium dan Harganya Rp. 13000000
·
Kendaraan Isuzu Panther, memiliki 4
roda, berbahan bakar Solar dan Harganya Rp. 170000000
maka outputnya adalah
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
OOP (Object Oriented Programming)
adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP
diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti
model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu
permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari
beberapa objek yang lebih kecil lagi.
Komentar
Posting Komentar